Kamis, 09 Desember 2010

KESEHATAN KELAS XII


RINGKASAN MATERI KESEHATAN

HIV / AIDS

I. RINGKASAN MATERI
A. Pengertian.
                Penyakit AIDS tergolong penyakit menular yang lebih banyak ditularkan melalui hubungan kelamin, berdasarkan penelitian para ahli penyakit ini bersal dari negara – negara barat khusnya negara yang menganut sitem FREE SEX seperti eropa dan Amerika Serikat.
                AIDS ( Acquired immume Deficiency Syndrome ) merupakan gejala kelainan yang disebabkan oleh kelemahan system kekebalan tubuh. Penyakit ini pertama kali ditemukan tahun 1979 di Amerika Serikat oleh Michael S Gottlied dan Frederick P Siegal. Dalam perkembangannya diperoleh kesimpulan bahwa penyebab penyakit AIDS adalah virus HIV ( Human Immunodeficiency Virus ). Penyakit karena HIV / AIDS ditularkan melalui cairan tubuh manusia misalnya : darah, air mani, dan cairan vagina. Seperti virus  lainnya HIV tidak dapat hidup di luar jaringan hidup dan sebagai sasaran HIV adalah sel darah putih.
                Hal – hal yang menyebabkan penularan HIV sangat cepat antara lain :
1. bandara internasional, pelabuhan laut dan jaringan jalan raya yang luas, sebagai pintu masuk penyebaran penularan HIV.
2. Mudahnya melintas batas ke negara – negara tetangga yang tingkat penyakit HIV/AIDS yang tinggi.
3. Banyaknya kelompok berisiko tinggi yang menularkan penyakit HIV/AIDS.
4. Kecenderungan melakukan perilaku Seks bebas.
B. Penyakit HIV
                Untuk dapat masuk ke tubuh manusia, HIV harus masuk langsung ke aliran darah orang yang bersangkutan, di luar tubuh manusia HIV akan cepat mati misalnya kena air panas, sabun, dan bahan pencuci hama lain.
                HIV hanya dapat ditularkan melalui cairan tubuh dan bersarang pada sel darah putih tertentu, yang disebut Sel T 4. Oleh karena itu, HIV dapat ditemukan terutama dalam cairan – cairan tubuh , yaitu dalam darah, air mani dan cairan vagina. Penularan terjadi lewat salah satu atau lebih cairan tubuh masuk ke aliran darah seseorang. Untuk mengetahui seseorang tertular HIV harus dilakukan pemeriksaan Laboratorium dengan mengambil sample darahnya. Seseorang bisa diketahui tertular HIV setelah masa kurang lebih 3 bulan dari hasil pemeriksaan. Kemungkinan selama masa itu ia telah menularkan kepada orang lain.

C. Penyakit AIDS ( Acquired Immume Deficiency Syndrome )
                Setelah 5 – 10 tahun tertular HIV, penderita mulai menunjukkan gejala bermacam  macam penyakit yang muncul karena rendahnya daya tahan tubuh.
                Syndrome adalah kumpulan gejala, Immune berarti kekebalan, sedangkan Acquired berarti diperoleh atau didapat. AIDS bukan penyakit keturunan, tetapi didapat karena terinfeksi virus HIV. Jadi AIDS adalah penyakit yang disebabkan karena turunnya system kekebalan tubuh  seseorang. Virus HIV ini akan menyerang sel – sel darah putih sehingga system kekebalan tubuh kita akan menurun. Tahap- tahap HIV menjadi AIDS adalah sebagai berikut :
1. Tahap awal infeksi HIV
Gejalanya mirip influenza, tetapi gejala ini hanya berlangsung beberapa hari / minggu kemudian hilang dengan sendirinya.
2. Tahap tanpa gejala
Meskipun tidak menunjukkan gejala tetapi pada tes darah ditemukan anti bodi HIV, masa ini berlangsung 5 – 7 tahun.
3.Tahap ARC ( AIDS Related Complex )
Apabila didapati dua gejala atau lebih misalnya, demam disertai keringat dingin malam selama lebih dari 3 bulan, berat badan mengalami penurunan lebih dari 10 %.
4. Tahap AIDS
Muncul Infeksi lain yang berbahaya misalnya, ( TBC, Jamur dll ), karena kekebalan tubuh telah demikian rusak, hal ini disebut infeksi  Oportunistik, dan juga terjadi kanker kulit dan getah bening.
5. Tahap gangguan Otak / Susunan syaraf pusat
Hal ini mengakibatkan gangguan mental yang akan mengakibatkan kematian. Gangguan mental yang terjadi adalah. Dimensia ( gangguan daya ingat ), penurunan kesadaran, gangguan psikotik, depresi dan gangguan syaraf.
D. Cara penularan HIV / AIDS
                HIV biasa ditularkan melalui hubungan seksualdengan lawan jenis atau sejenis , serta lewat darah dan transplantasi organ tubuh yang terinfeksi HIV ( pemakaian jarum suntik, tindik atau tato yang mengandung HIV ).
Orang yang memiliki resiko tinggi terinfeksi HIV adalah :
1. Hubungan seksual orang yang terinfeksi HIV.
2. Penggunaan jarum suntik, tindik tato tidak steril.
3. Tranfusi darah yang tercemar HIV.
4. Bayi yang dikandung, dilahirkan dan disusui ibu yang terinfeksi HIV.
E. Pencegahan HIV / AIDS
Ada beberapa macam cara pencegahan HIV / AIDS.
  1. Pencegahan melalui kontak seksual.
  2. Pencegahan melalui darah.
  3. Pencegahan penularan ibu kepada anak.
  4. Pencegahan melalui pendidikan gaya hidup.
Pengertian Dan Cara Penularan Hiv/Aids
·   

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus yang dapat menyebabkan AIDS dengan cara menyerang sel darah putih yang bernama sel CD4 sehingga dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia yang pada akhirnya tidak dapat bertahan dari gangguan penyakit walaupun yang sangat ringan sekalipun.
Virus HIV menyerang sel CD4 dan merubahnya menjadi tempat berkembang biak Virus HIV baru kemudian merusaknya sehingga tidak dapat digunakan lagi. Sel darah putih sangat diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh. Tanpa kekebalan tubuh maka ketika diserang penyakit maka tubuh kita tidak memiliki pelindung. Dampaknya adalah kita dapat meninggal dunia terkena pilek biasa.
Penyakit AIDS
AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome yang merupakan dampak atau efek dari perkembang biakan virus hiv dalam tubuh makhluk hidup. Virus HIV membutuhkan waktu untuk menyebabkan sindrom AIDS yang mematikan dan sangat berbahaya. Penyakit AIDS disebabkan oleh melemah atau menghilangnya sistem kekebalan tubuh yang tadinya dimiliki karena sel CD4 pada sel darah putih yang banyak dirusak oleh Virus HIV.
Ketika kita terkena Virus HIV kita tidak langsung terkena AIDS. Untuk menjadi AIDS dibutuhkan waktu yang lama, yaitu beberapa tahun untuk dapat menjadi AIDS yang mematikan. Seseorang dapat menjadi HIV positif. Saat ini tidak ada obat, serum maupun vaksin yang dapat menyembuhkan manusia dari Virus HIV penyebab penyakit AIDS.
Cara penularan :
• Lewat cairan darah:
Melalui transfusi darah / produk darah yg sudah tercemar HIV
Lewat pemakaian jarum suntik yang sudah tercemar HIV, yang dipakai bergantian tanpa disterilkan, misalnya pemakaian jarum suntik dikalangan pengguna Narkotika Suntikan
Melalui pemakaian jarum suntik yang berulangkali dalam kegiatan lain, misalnya : peyuntikan obat, imunisasi, pemakaian alat tusuk yang menembus kulit, misalnya alat tindik, tato, dan alat facial wajah
• Lewat cairan sperma dan cairan vagina :
Melalui hubungan seks penetratif (penis masuk kedalam Vagina/Anus), tanpa menggunakan kondom, sehingga memungkinkan tercampurnya cairan sperma dengan cairan vagina (untuk hubungan seks lewat vagina) ; atau tercampurnya cairan sperma dengan darah, yang mungkin terjadi dalam hubungan seks lewat anus.
Lewat Air Susu Ibu :
Penularan ini dimungkinkan dari seorang ibu hamil yang HIV positif, dan melahirkan lewat vagina; kemudian menyusui bayinya dengan ASI.
Kemungkinan penularan dari ibu ke bayi (Mother-to-Child Transmission) ini berkisar hingga 30%, artinya dari setiap 10 kehamilan dari ibu HIV positif kemungkinan ada 3 bayi yang lahir dengan HIV positif.
Secara langsung (transfusi darah, produk darah atau transplantasi organ tubuh yang tercemar HIV) l Lewat alat-alat (jarum suntik, peralatan dokter, jarum tato, tindik, dll) yang telah tercemar HIV karena baru dipakai oleh orang yang terinfeksi HIV dan tidak disterilisasi terlebih dahulu.
Karena HIV – dalam jumlah yang cukup untuk menginfeksi orang lain- ditemukan dalam darah, air mani dan cairan vagina Odha. Melalui cairan-cairan tubuh yang lain, tidak pernah dilaporkan kasus penularan HIV (misalnya melalui: air mata, keringat, air liur/ludah, air kencing).
Melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi HIV tanpa memakai kondom l Melalui transfusi darah l Melalui alat-alat tajam yang telah tercemar HIV (jarum suntik, pisau cukur, tatto, dll) l Melalui ibu hamil yang terinfeksi HIV kepada janin yang dikandungnya atau bayi yang disusuinya.
Dalam satu kali hubungan seks secara tidak aman dengan orang yang terinfeksi HIV dapat terjadi penularan. Walaupun secara statistik kemungkinan ini antara 0,1% hingga 1% (jauh dibawah risiko penularan HIV melalui transfusi darah) tetapi lebih dari 90% kasus penularan HIV/AIDS terjadi melalui hubungan seks yang tidak aman.
karena kegiatan sehari-hari Odha tidak memungkinkan terjadinya pertukaran cairan tubuh yang menularkan HIV. Kita tidak tertular HIV selama kita mencegah kontak darah dengan Odha dan jika berhubungan seks, kita melakukannya secara aman dengan memakai kondom
Seorang Odha kelihatan biasa, seperti halnya orang lain karena tidak menunjukkan gejala klinis. Kondisi ini disebut “asimptomatik” yaitu tanpa gejala. Pada orang dewasa sesudah 5-10 tahun mulai tampak gejala-gejala AIDS.
Hubungan seksual secara anal (lewat dubur) paling berisiko menularkan HIV, karena epitel mukosa anus relatif tipis dan lebih mudah terluka dibandingkan epitel dinding vagina, sehingga HIV lebih mudah masuk ke aliran darah. Dalam berhubungan seks vaginal, perempuan lebih besar risikonya daripada pria karena selaput lendir vagina cukup rapuh. Disamping itu karena cairan sperma akan menetap cukup lama di dalam vagina, kesempatan HIV masuk ke aliran darah menjadi lebih tinggi. HIV di cairan vagina atau darah tersebut, juga dapat masuk ke aliran darah melalui saluran kencing pasangannya.
AIDS tidak ditularkan melalui:
Makan dan minum bersama, atau pemakaian alat makan minum bersama.
• Pemakaian fasilitas umum bersama, seperti telepon umum, WC umum, dan kolam renang.
• Ciuman, senggolan, pelukan dan kegiatan sehari-hari lainnya.
• Lewat keringat, atau gigitan nyamuk
CARA PENCEGAHAN:
Gunakan selalu jarum suntik yang steril dan baru setiap kali akan melakukan penyuntikan atau proses lain yang mengakibatkan terjadinya luka
• Selalu menerapkan kewaspadaan mengenai seks aman (artinya : hubungan seks yang tidak memungkinkan tercampurnya cairan kelamin, karena hal ini memungkinkan penularan HIV)
Bila ibu hamil dalam keadaan HIV positif sebaiknya diberitahu tentang semua resiko dan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi pada dirinya sendiri dan bayinya, sehingga keputusan untuk menyusui bayi dengan ASI sendiri bisa dipertimbangkan.
Ada tiga cara:
Abstinensi (atau puasa, tidak melakukan hubungan seks)
• Melakukan prinsip monogami yaitu tidak berganti-ganti pasangan dan saling setia kepada pasangannya
• Untuk yang melakukan hubungan seksual yang mengandung risiko, dianjurkan melakukan seks aman termasuk menggunakan kondom
Ada dua hal yang perlu diperhatikan:
• Semua alat yang menembus kulit dan darah (jarum suntik, jarum tato, atau pisau cukur) harus disterilisasi dengan benar
• Jangan memakai jarum suntik atau alat yang menembus kulit bergantian dengan orang lain
TANDA-TANDA SESEORANG TERTULAR HIV
Sebenarnya tidak ada tanda-tanda khusus yang bisa menandai apakah seseorang telah tertular HIV, karena keberadaan virus HIV sendiri membutuhkan waktu yang cukup panjang (5 sampai 10 tahun hingga mencapai masa yang disebut fullblown AIDS). Adanya HIV di dalam darah bisa terjadi tanpa seseorang menunjukan gejala penyakit tertentu dan ini disebut masa HIV positif. Bila seseorang terinfeksi HIV untuk pertama kali dan kemudian memeriksakan diri dengan menjalani tes darah, maka dalam tes pertama tersebut belum tentu dapat dideteksi adanya virus HIV di dalam darah. Hal ini disebabkan kaena tubuh kita membutuhkan waktu sekitar 3 – 6 bulan untuk membentuk antibodi yang nantinya akan dideteksi oleh tes darah tersebut. Masa ini disebut window period (periode jendela) . Dalam masa ini , bila orang tersebut ternyata sudah mempunyai virus HIV di dalam tubuhnya (walau pun belum bisa di deteksi melalui tes darah), ia sudah bisa menularkan HIV melalui perilaku yang disebutkan di atas tadi.
Secara umum, tanda-tanda utama yang terlihat pada seseorang yang sudah sampai pada tahapan AIDS adalah:
• Berat badan menurun lebih dari 10% dalam waktu singkat
• Demam tinggi berkepanjangan (lebih dari satu bulan)
Diare berkepanjangan (lebih dri satu bulan)
Sedangkan gejala-gejala tambahan berupa :
• Batuk berkepanjagan (lebih dari satu bulan)
Kelainan kulit dan iritasi (gatal)
• Infeksi jamur pada mulut dan kerongkongan
• Pembengkakan kelenjar getah bening di seluruh tubuh, seperti di bawah telinga, leher, ketiak dan lipatan paha.


NARKOBA
I. RINGKASAN MATERI
A. Pengertian
                Narkoba atau Napza adalah obat / bahan / zat, yang bukan tergolong makanan. Apabila seseorang mengkosumsi Narkoba hal ini akan berpengaruh terutama pada kerja susunan  syaraf pusat ( otak ).
                Narkoba ( narkotika, psikotropika, dan obat terlarang ) merupakan istilah dari penegak  hukum  dan Masyarakat , karena zat ini sangat berbahaya kalau dikosumsi secara illegal maka     penggunaan, pembuatan dan peredarannya dii atur di dalam undang – undang. Barang siapa   menggunakan, mengedarkan di luar ketentuan hokum, maka akan dikenai sangsi pidana  penjara dan hukuman denda.
                Napza ( narkotika, psikotropika, zat aditif lain ) merupakan istilah dalam dunia kedokteran di sini penekannanya pada pengaruh keteergantungannya. Oleh karena itu selain narkotika  dan psikotropika, yang termasuk napza juga obat, bahan atau zat, yang tidak diatur dalam   undang – undang, tetapi menimbulkan ketergantungan, dan sering disalah gunakan.
            Sebagian jenisnarkoba dapat digunakan pada pengobatan, tetapi karena menimbulkan Ketergantungan, penggunaannya sangat terbatas sehingga harus berhati – hati dan harus   mengikuti petunjuk dari dokter.

B. Jenis – Jenis Narkoba
                Karena bahaya yang ditimbulkannya akibat pemakaian narkoba/ penyalahgunan narkoba maka penggunaan dan peredaran narkoba diatur dalam perundang – undangan yaitu  Undang – Undang Nomor 22 tahun 1997 tentang Narkotika, Undang – undang Nomor 5   Tahun 1997 tentang Psikotropika. Berikut penggolongan narkoba menurut peraturan Perundang – undangan yang berlaku :
      1. Narkotika
          Yaitu zat atau obat yang berasal dari tanaman maupun bukan, baik sintetis maupun semi, yang dapat menurunkan kesadaran, menghilangkan atau mengurangi rasa nyeri. Menurut UU Nomor 22 tahun 1997 narkotika dibagi menurut potensi penyebab ketergantungannya :
          a. Narkotika golongan I
              Contoh : heroin, kokain dan ganja, sedang putauw adalah heroin tidak murni ( bubuk )
          b. Narkotika golongan II
              Contoh : morfin, petidin, dan metadon.
          c. Narkotika golongan III
              Contoh : kodein

      2. Psikotropika
          Yaitu zat atau obat baik alamiah maupun sintetis yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas perilaku dan mental, golongan ini dibagi menjadi :
           a. Psikotropika golongan I
               contoh : Ekstasi.
           b. Psikotropika golongan II
               contoh : amfetamin, metamfetamin ( sabu ) , fensiklidin dan Ritalin.
           c. Psikotropika golongan III
               contoh : pentobarbital dan flunitrazepam.
           d. Psikotropika golongan IV
               contoh : diazepam, klobazam, fenobarbital, barbital, nipam, pil BK/koplo dll.

       3. Zat Psiko – Aktif lain.
           a. Alkohol.
           b. Inhalansia/ solven.
           c. Nikotin
           d. Kafein

        Kegunaan dari zat – zat aditif di bawah ini menurut organisasai kesehatan Sedunia ( WHO )
        a. Opioida  : mengurangi rasa nyeri dan menyebabkan mengantuk atau turunnnya kesadaran
        b. Ganja     : meningkatkan daya khayal / perasaan riang.
        c. Kokain   : meningkatkan aktifitas otak / organ tubuh lain.
        d. Amfetamin : meningkatakan daya stimulant.
        e. Alkohol  : mempengaruhi kesadaran.
        f. Sedativa   : menimbulkan rasa mengantuk.
       
C. Dampak Penyalah Gunaan Narkoba.
                Semua jenis Narkoba akan mengubah perasaan dan cara berpikir seseorang, tergantung
     pada jenisnya , narkoba napat menyebabkan :
     1. Perubahan pada suasana hati ( menenagkan, rileks, gembira dan rasa bebas )
     2. Perubahan pada pikiran ( stress hilang, dan meningkatkan daya khayal )
     3. Perubahan pada perilaku ( meningkatkan keakraban, menghambat nilai dan lepas kendali )

     Sedangkan akibat penyalah gunaan Narkoba  adalah sebagai berkut :
     1. Bagi diri sendiri
         a. terganggu fungsi otak dan perkembangan normal remaja.
         b. Intoksikasi ( keracunan )
         c. Overdosis ( OD )   
         d. Gejala putus Zat.
         e. Berulang kali kambuh.
         f. Gangguan perilaku / mental – social.
         g. Gangguan Kesehatan.
         h. Kendornya nilai nilai social.
         i. Keuangan dan hokum

      2. Bagi Keluarga
          Suasana hidup yang rukun dan damai terusik, karena banyak barang yang hilang, anak ber berbohong, mencuri menipu, bersikap apatis terhadap keluaraga dan hidup semaunnya. Sehingga hal ini akan menyebabkan kekurang harmonisan di dalam suatu keluarga.

      3. Bagi Sekolah
          Narkoba merusak disiplin, motivasi, dan semangat belajar, sehingga konsentrasi belajar Menurun sehingga prestasi akademik menjadi turun drastis. Penyalah gunaan narkoba ini  Berkaitan dengan tindak kriminalitas sehingga akan mengganggu proses belajar mengajar  di lingkungan sekolah, karena siswa menjadi acuh dan tidak menghormati pihak lain.

       4. Bagi Masyarakat Bangsa dan Negara.
           Masyarakat yang rawan terhadap narkoba tidak memilki daya tahan sehingga kesinambungan pembangunan akan terancam. Negara menderita kerugian karena masyarakatnya   tidak produktif dan tingkat kejahatan meningkat.

D. Perundang – Undangan  Narkoba
           Undang Undang mengenai Narkoba diataur dalam Undang Undang Nomor 22 tahun 1997 tentang  NARKOTIKA dan Undang Undang Nomor 5 tahun 1997, tentang PSIKOTROPIKA   adapun isi dari Undang – undang  tersebut anatara lain mengatur tentang :

     1. Mabuk – mabukan / minum minuman keras.
         a. Akibat mabuk dari minum minuman keras melanggar KUHP Pasal 300, dikenai pidana
             penjara paling lama 1 tahun.
         b. Mabuk di tempat umum dan mengganggu ketertiban, melanggar pasal 492 KUHP dan
             dipidana kurungan 6 hari atau denda.

     2. Menggunakan Narkoba bagi diri sendiri / orang lain.
         a. Narkotika hanya digunakan untuk kepentingan pengobatan atau ilmu pengetahuan
             UU Narkotika Pasal 4; UU Psikotropika Pasal 4 )
         b. Menggunakan Narkotika golongan I bagi diri sendiri , dipidana penjara paling lama 4 th,
             gol. II 2 th dan gol III  th ( UU Narkotika pasal 85 )
         c. menggunakan Narkotika bukan untuk tujuan ilmu pengetahuan Psikotropika Gol. I diluar  ketentuan hukum    
             dapat dipidana 4 – 15 tahun penjara dan denda 15 juta hingga  750 juta rupiah ( UU Psikotropika Pasal 59 )
         d. Menggunakan narkotika  untuk orang lain atau memberikan narkotika Gol I untuk di  gunakan orang lain ,   dipidana penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak   750 juta, Gol. II 10 tahun penjara dan denda 500 juta
rupiah, Gol. III 5 tahun penjara   dan denda 250 juta rupiah ( UU Narkotika Pasal 84 )
         e. Pengguna psikotropika untuk pengobatan harus dengan bukti yang sah ( Pasal 36 )
         f. Barang siapa tidak melapor adanya penyalah gunaan narkotika atau pemilikan psikotro
             pika secara tidak sah piodana penjara paling lama 1 tahun dan denda paling banyak  20
             jutu rupiah ( Pasal 64 ).
      3. Kewajiban Menjalani Pengobatan dan atau Perawatan bagi Pecandu Narkotika
          ( UU No. 22 / 1997 tentang Narkotika. )
      4. Memproduksi dan mengedarkan Narkoba.
          a. Memproduksi, mengimpor, mengedarkan maupun menyimpan Psikotropika gol I dapat dipidana penjara
              4 – 15 tahun, dan denda 150 – 175 juta rupiah ( UU Psikotropika   Pasal 59 )
          b. Barang siapa tanpa hak dan melawan hukum menanam, memelihara, memiliki, menyimpan , menjadi perantara jual – beli, atau menukar narkotika gol I diancam hukuman 4 th penjara – hukuman mati atau penjara seumur hidup, dan denda 100 juta – 5 miliar   rupiah ( UU Narkotika Pasal 78, 80, 81, 82 ).
              
E. Jenis – jenis Narkotika, Obat, dan Zat terlarang
a. Ganja ( Canabis Sativa, Mariyuana, Indian Hemp )
        Bagian yang digunakan daun dan ujung tangkai dipotong – potong lalu dikeringkan., cara pengeringannya sama dengan mengeringkan tembakau  rakyat  , penggunaannya biasanya melalui rokok.
Macam – macam ganja antara lain :


a. Ganja tembakau.
b. Hasish ( getah ganja ) diperoleh dari penylingan tumbuh – tumbuhan ganja, daya kekuatannya lebih dari ganja tembakau.
c. Tetrahydro (THC ), kadar tetrahydro yang tinggi terdapat pada bunga yang mulai mekar. Tetrahydro mempunyai unsure aktif sebagai  Hallucinogenit Subtance ( zat atau factor yang menjadi penyebab (halusinasi / khayalan) pada seseorang.
b. Candu
        Bagian yang digunakan adalah buah yang hamper masak disadap mulai pangkal hingga ujung buah, setealah getahnya mongering lalu dikumpulkan kemudian diolah untuk mendapatkan candu mentah.
Macam – macam Candu, antara lain :
1. Candu merah
2. Candu masak.
c. Morphine
        Morphine adalah zat utama yang berkhasiat narkotika yang terdapat pada candu mentah, diperoleh dengan cara pengolahan kimia. Daya kerja morphine adalah 5 sampai dengan 10 kali lebih kuat dari candu.
d. Heroin
        Diperoleh dengan jalan mengolah morphine lebih lanjut secara kimia dan berbentuk serbuk atau kristal atau mungkin juga batangan / padat.
e. Jenis – jenis narkotika lainnya
1. VSP
Fepper Upper Pep Fillis adalah istilah yang digunakan untuk menggunakan narkotika – narkotika yang memberikan perasaan vitalitas yang sering digunakan remaja adalah Amphetamine.
Obat – obatan yang mengandung Amphetamines antara lain :
a. Beusadrine.
b. Dexodrine.
c. Desbotol.
d. Dexamiyl.
Narkotika lain yang termasuk VPS, yang memiliki efek sampingan antara lain :
e. Cocain.
f. Preludine.
g. Retaline
f. Obat Penenang ( Pil BK )
    Pil BK  adalah singkatan dari Bhinneka Kimia Farma nama sebuah pabrik yang memproduksi berbagai obat. Pada jaman penjajahan belanda, pabrik tersebut bernama Bandungsche Kinine Fabrriek. Pil BK merupakan jenis obat penenang . Jenis jenis obat penenang anatara lain :
a. Valium.
b. Lebrium.
c. Mentalium.
d. Kalman.
e. Pil Bk.
g. Obat Tidur
    Jenis – jenis obat tidur antara lain :
1. Megadon.
2. Mandrax.
3. Rahipal.
4. Casadon.
5. Secanol.


PENYAKIT  KELAMIN

A. Beberapa Penyakit yang Termasuk Penyakit Kelamin
            Penyakit kelamin banyk terdapat di setiap Negara, baik Negara yang sedang berkembang maupun yang sudah maju, dan tersebar luar pada semua lapisan masyarakat baik miskin maupun kaya.
            Banyaknya penyakit kelamin pada masyarakat, mencerminkan keadaan social penderita karena sebagian besar tergantung pada tingkah laku manusia, factor psikologis, dan keadaan ekonominya. Pada dewasa ini, walaupun ada pengobatan yang efektif dan diagnosa terpercaya, kenyataannya seluruh dunia ada dalam genggaman epedemi penyakit kelamin.
            Beberapa alas an yang menyebabkan makin lama pegidap penyakit kelamin semakin banyak dikarenakanbeberapa hal antara lain :
1. Kurangnya pengertia / kesadaran masayarakat terhadap bahaya – bahaya penyakit kelamin baik bagi dirinya maupun keturunannya .
2. Meningkatnya kebebasan. Bergaul antara muda – mudi pada khususnya dan masayarakat pada umumnya.
3. Keadaan social ekonomi masayarakat pada umumnya.
4. Kurang patuhnya terhadap norma – norma kesusilaan dan agama.

Jenis – jenis penyakit kelamin yang terpenting adalah :
a. Gonorrhoea disebabkan oleh bakteri Neiseria Gonorrhoea.
b. Syphilis disebabkan oleh bakteri Treponema Pallida.
c. Ulcus Molle disebabkan oleh bakteri Haemophhilus Ducreyi.
d. Lymphogranuloma Venereum disebabkan oleh virus Lymphogranuloma Venereum.
e. Granuloma Inguinale disebabkan oleh Donovania Granulomatis.

1. Penyakit Syphilis
Penyebab penyakit Syphilis.
Penyakit syphilis yang sering disebut pennyakit raja singa disebabkan oleh bakteri yang disebut Spirochaeta Pallida. Bakteri jenis ini terdapat diseluruh dunia, termasuk di Indonesia.
Ada 4 macam  gejala penyakit syphilis
Tingkat 1
Setelah masa tunas yang waktunya 1-3 minggu di sekitar kemaluan terjadi suatu benjolan kecil. Kulit di atas benjolan itu akan rusak kemudian menjadi luka yang bentuknya bulat atau bulat telur ( oval ) . Tepi luka kemudian mengeras lalu meninggi , dan bila dipijat tidak terasa sakit . Luka ini disebut ulcus durum.
Sekitar 3 minggu kemudian terjadilah pembengkakkan pada kelenjar lipat paha. Gejala ini disebut primer affect. Penderita merasa sedikit sakit dan suhu badan meninggi, tetapi tidak semua penderita mengalami sedikit sakit dan suhu badan tinggi. Ada pula penderita yang tidak merasa sakit.
Tingkat 2
Pada tingkat ini seluruh tubuh penderita timbul bercak – bercak kecil berwarna merah dan benjol – benjol kecil bulat . Pada umumnya penderta tidak merasa nyeri atau gatal – gatal . Keadaan ini akan berlangsung beberapa tahun tanpa ada kejadian apa – apa.
Tingkat 3
Pada alat – alat tubuh timbul benjolan – benjolan yang disebut Gumma, mungkin gumma – gumma ini terdapat di tulang – tulang, hati, jantung, otak, pembuluh darah, urat syaraf dan lain – lain, keadaan ini berlangsung selama beberapa tahun.
Tingkat 4
Tingkat 4 disebut Neurolues
2. Penyakit Gonorrhoe
Penyebab Gonorrhoe
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang disebut gonococ, penularannya hampir selalu karena persetubuhan.
Gejala - gejalannya
Setelah masa tunas yang lamanya 1 – 3 hari, penderita mengeluh dalam hal buang air kecil.
Mula – mula merasa panas dan nyeri sewaktu buang air kecil. Selanjutnya keluar nanah dari saluran kencing. Seterusnya selalu ingin buang air kecil, tetapi yang keluar hanya sedikit disertai rasa panas dan nyeri. Air seni yang keluar bercampur nanah.
Gejala ini sebagai tanda bahwa penyakit sudah menjalar ke saluran yang menuju ke kelenjar buah zakar, yaitu kelenjar yang membuat sel – sel kelamin. Apabila terjadi penyumbatan, orang tersebut mungkin mandul untuk selama – lamanya..
Pencegahannya melalui pelacuran.
B. Cara Penularannya
                Penularan penyakit kelamin melalui kontak langsung dengan penderita ( hubungan kelamin ) ataupun tak langsung melalui benda – benda terkontaminasi.Syphilis dapat pula diturunkan dari seorang ibu kepada bayi yang sedang dikandungnya.
C. Usaha Pencegahan penyakit kelamin.
           1) Pengobatan kepada penderita.
           2) Pengawasan sumber penularan.
           3) Tidak melakukan hubungan kelamin dengan penderita.
           4) Memberikan pendidikan dan penerangan kepada masyarakat bahaya yang ditimbulkannya  dari penyakit kelamin.

PENGOBATAN TRADISIONAL

                Meskipun sarana untuk meningkatkan kesehatan dengan obat – obatan modern semakin dirasakan faedahnya, tetapi minat masyarakat terhadap obat – obatan tradisional tidak menunjukkan gejala menurun, tetapi sebaliknya tampak menunjjukka gejala yang meningkat . Pada uraian di bawah ini akan diberikan pengetahuan tentang tumbuh – tumbuhan yang dapat dipergunakan sebagai ramuan obat – obatan tradisional dengan sebutan ” Apotik Hidup ”
                Dengan tersediannya tanaman obat di sekitar kita, maka dengan mudah kita dapat memperolhnya dan sewaktu – waktu membutuhkan tidak akan menemui kesulitan.
Tanaman – tanaman obat yang akan diuraikan pada buku ini dibagi menjadi 4 bagian :
1. Tanaman obat jenis umbi – umbian.
2. Tanaman obat jenis perdu / pohon kecil.
3. Tanaman obat jenis tanaman merambat.
4. Tanaman obat jenis pohon besar.

1) Tanaman obat jenis umbi - umbian
Tanaman obat jenis umbi – umbian antara lain bawang putih, bengle, bidara upas, dringo, gadung, jahe, kunci, kunyit, lengkuas, lempuyang wangi, talas, temu giring, temu hitam dan temu lawak.
a. Bawang Putih
Mempunyai nama ilmiah Allium Sativum dan dapat digunakan sebagai obat batuk.
b. Bengle
    Nama latinnya Zingiber Cassumunar Roxb dapat digunakan untuk mengobati cacingan
c. Bidara upas
    Nama lainnya Merrema Mammosa Hall dapat digunakan sebagai ramuan obat kencing manis.
d. Dringo
    Nama latinnya Acorus calamus L yang berasal dari Laut Hitam Laut kaspia dan India. Dringo digunakan sebagai campuran ramuan jamu bagi orang yang mengandung 3 bulan.
e. Jahe
    Nama latinnya Zingiber Officinale Roxb , jahe dapat digunakan untuk bermacam – macam ramuan obat anatara lain untuk ramuan obat batuk bronchitis.
f. Kencur
   Nama ilmiahnya Kaempferia galanga L dapat digunakan sebagai obat batuk.
2) Tanaman Obat Jenis Perdu / Pohon Kecil
Tanaman obat jenis pohon perdu / pohon kecil anatara lain akar binasa,  daun asam, daun duduk, daun encok, daun wungu, delima, gandapura, jarak kosta, jeruk kingkit, legundi, lidah ayam, pulutan, patah tulang, sambiloto, sari gading.
3) Tanaman obat Jenis Tumbuhan Merambat.
     Tanaman jenis ini anatara lain cincau, daun kaki kuda, daun prasman, gambir hutan, kecibeling, lada panjang, tali putri.
a. Cincau dapat digunakan sebagai obat sakit perut atau obat demam.
b. Daun kaki kuda dapat digunakan sebagai obat peluruh air seni.
c. Gambir hutan digunakan sebagai obat sakit kuning.
d. Kecibeling digunakan sebagai ramuan obat sakit batu ginjal
        e. Lada panjang digunakan sebagai obat radang mulut.
        f. Nanangkaan digunakan sebagai obat asma dan bronchitis.
4) Tanaman obat Jenis pohon Besar.
     Tanaman obat jenis ini antara lain :
a.        Belimbing wuluh digunakan sebagai obat sakit lambung dan buang air bercampur lendir.
b.        Dadap ayam digunakan sebagai obat tapel pada anak- anak.
c.        Jambu biji digunakan sebagai obat mencret.
d.        Jamblang digunakan sebagai obat kencing manis.
e.        Jeruk nipis digunakan untuk ramuan obat batuk.
f.         Daun pepaya digunakan sebagai ramuan untuk memperkuat pencernaan.
g.        Kayu manis digunakan untuk obat sariawan pada anak- anak.
h.        Kamboja digunakan sebagai obat sakit gigi.
i.          Mengkudu digunakan sebagai obat peluruh air seni dan pencahar.  

 
K E S E H A T A N

STANDAR KOMPETENSI
>    Mempraktikkan budaya hidup sehat

KOMPETENSI DASAR
   >    1.1    Mempraktikkan pola hidup sehat.
   >    1.2    Menampilkan pola hidup sehat

MATERI
A.  Pengertian
            Pola hidup sehat yaitu cara – cara bagaimana seseorang menjaga tubuhnya agar tetap fit dan bugar tidak terserang suatu penyakit apapun. Agar didapat tubuh yang sehat dan tetap bugar maka yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
      1. Pola makan teratur.
      2. Olahraga teratur.
      3. Istirahat cukup.
            Kalau ketiga unsure tersebut dapat terpenuhi maka kesehatan tubuh maupun kesehatan kita tetap akan terjamin. Apabila seseorang dalam kehidupannya mempunyai pola hidup yang baik, maka kehidupannya itu akan terpelihara dengan baik pula sehingga segala sesuatunya akan tertib dan seimbang.
B. Penerapan Pola hidup Sehat.
            Pada saat ini khususnya orang – orang yang hidup di perkotaan banyak mengalami modernisasi di segala bidang. Dengan adanya modernisasai tersebut orang dapat langsung merasakan manfaatnya, misalnya dalam bidang teknologi, adanya alat – alat yang canggih untuk dijadikan :
  1. Pergaulan komunikasi lebih luas.
  2. wawasan berpikir lebih maju.
  3. kebiasan makan makanan yang bergizi tinggi.
  4. hemat energi.
  5. produktivitas meningkat.
Hal – hal tersebut akan membantu mempermudah kita dalam melakukan suatu pekerjaan dengan hasil yang maksimal. Tetapi juga kita temui segi negartifnya yaitu :
  1. penyalah gunaan fungsi dari alat komunikasi.
  2. badan menjadi gemuk ( kolesterol yang tinggi )
  3. kesehatan kadang kurang diperhatikan.
  4. kegiatan fisik kurang karena mengandalkan tehnologi.
  5. timbul penyakit – penyakit yang baru.
Untuk mengatasi hal tersebut agar badan kita tidak mudah terserang penyakit , maka perlu adanya pencegahan, adapun cara pencegahnnya adalah sebagai berikut :
1)     makan makananan yang teratur dan gizi yang seimbang.
2)     Adanya keseimbangan antara kativitas dengan istirahat.
3)     Mengadakan rekreasi.
4)     Mengadakan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara berkala.
5)     Melaksanakan kewajiban beragama.
6)     Hindari rokok dan minuman keras.

C. Makanan dan Minuman sehat
            Masalah gizi adalah sangatlah penting dalam kehidupan kita sehari – hari, karena dengan gizi yang baik pertumbuhan badan kita kan baik pula. Adapun makanan dan minuman yang mengandung gizi yang baik untuk dikonsumsi tubuh kita dibagi dalam tiga golongan :
  1. Unsur gizi pemberi tenaga.
  2. Unsur gizi untuk membangun sel – sel jaringan tubuh.
  3. Unsur gizi untuk mengatur pekerjaan jaringan – jaringan tubuh.
Ketiga unsur makanan tersebut harus terdapat dalam jumlah yang seimbang bila dikonsumsi oleh tubuh kita. Ketiga unsur tersebut semuanya sangat penting bagi tubuh kita , karena masing – masing unsur mempunyai guna sendiri – sendiri, tidak bisa saling menggantikannya :

1. Unsur Gizi pemberi tenaga.
    a) Hidrat arang.
    b) Putih telur.
    c) Lemak.
    Pada pembakaran dalam tubuh 1 gram hidrat arang menghasilkan 4,1 gram kalori.
     * 1 gram protein  =  4,1 gram kalori.
     * 1 gram lemak    =  9,3 gram kalori.
2. Unsur gizi pembangun sel – sel jaringan tubuh.
    * Protein.
    * Mineral.
    * Air.
3. Unsur gizi mengatur pekerjaan jaringan tubuh.
    * Vitamin.
    * Mineral.

D. Zat – zat gizi yang mutlak diperlukan oleh tubuh
                  Adapun zat – zat gizi yang mutlak diperlukan oleh tubuh pada dasarnya ada 6 , yang mana zat – zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk kegiatannya sehari – hari, adapun zat – zat tersebut adalah sebagai berikut :
a)     Hidrat arang.
b)    Lemak.
c)     Protein
d)    Vitamin
e)     Mineral
f)     Air.

      a) Hidrat arang ( Karbohidrat )
                Karbohidrat merupakan sumber tenaga utama bagi tubuh kita. Setiap gram karbohidrat yang dibakar di dalam tubuh memberikan 4,1 kalori.
           Zat karbohidrat dibedakan menjadi 3 golongan yaitu :
           1. Monosakarida
               Yang termasuk pada golongan ini adalah glukosa, fruktosa, dan galaktosa, yang ketiganya terdapat pada sari tumbuhan dan buah – buahan. Sifat monosakarida adalah larut dalam air dan rasanya manis.
           2. Disakarida
                Yang termasuk dalam golongan ini adalah sukrosa, maltosa dan laktosa, supaya dapat diserap oleh tubuh ketiga macam disakarida harus dipecah dahulu menjadi monosakarida dan selanjutnya dirubah menjadi glukosa.
           3. Polisakarida
               Yang termasuk dalam golongan ini adalah, pati, dekstyrin, glikogen, selulosa atau serat lain.

               Bahan makanan sumber karbohidrat adalah :
               a. Macam – macam padi – padian ( beras, jagung, gandum dll )
               b. Mcam – macam tepung ( tepung beras, tepung terigu )
               c. Macam – macam umbi  ( ubi, singkong, kentang )
               d. Mcam – macam gula ( gula pasir dan gula merah )

          b) Lemak.
         Lemak adalah bahan – bahan yang mengandung asam lemak baik yang berbentuk padat maupun cair. Sebagai sumber lemak adalah sebagai berikut : lemak binatang, lemak ikan, minyak kelapa, kemiri, minyak kacang, minyak sawit, minyak wijen dsb. Lemak tidak larut dalam air tetapi larut dalam ether, chloroform dan cairan organic lainnya. Lemak dapat membentuk emulsi dengan air, pembentukan emulsi daripada lemak merupakan persyaratan supaya lemak dapat dicernakan, diserap dan diangkut. Pembentukan emulsi ini disebabkan karena adanya empedu
         Fungsi lemak :
                  Selain pemberi energi bagi tubuh lemak merupakan pelarut beberapa vitamin yaitu : vitamin A, D , E, E dan K, disamping itu lemak jugaberfungsi melindungi berbagai alt tubuh yang halus, mengatur panas badan, menghemat penggunaan protein tubuh.

   c) Protein
       Sumber protein ada dua macam yaitu :
       1) Protein hewani
           Jenis – jenis daging, ikan, telur.
       2) Protein nabati.
         Protein yang berasal dari tumbuh – tumbuhan seperti kacang kedelai, kacang merah, kacang ijo, kacang tanah.
         (a) Jenis – jenis protein
              (1) Protein sempurna
                    Yaitu protein yang mengandung asam – asam amino esensiel yang lengkap macam dan jumlahnya.
              (2) Protein tidak sempurna
                    Yaitu protein tang tidak atau sangat sedikit mengandung salah satu atau lebih sama – asam amino esensieel . Protein golongan ini tidak menjamin pertumbuhan dan tidak dapat digunakan untuk pertumbuhan jaringan.
              (3) Protein kurang sempurna.
                    Protein ini tidak dapat menjamin pertumbuhan, akan tetapi cukup untuk mempertahankan jaringan yang ada.

                Setiap jenis protein terdiri atas serangkaian molekul – molekul asam amino yang berikatan menjadi satu , pada proses pencernaan makanan protein akan dipecah menjadi bentuk dasarnya yaitu asam amino, yang kemudian baru dapat diserap oleh dinding usus.
                  Kebutuhan protein setiap harinya untuk anak – anak berkisar 3 gram per kilogram berat badan, dan sepertiganya harus berupa protein hewani, sedangkan untuk orang dewasa dibutuhkan sekitar 1 gram per kilogram berat badan, dan jumlahnya sekurang – kurangnya  seperlimanya harus terdiri dari protein hewani. Kekurangan protein menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan fisik maupun psikis pada anak terganggu. Sedangkan kekurangan protein pada orang dewasa akan menyebabkan busung lapar ( Hongeroedeem )

d) Vitamin
     Adalah suatu zat organic yang tidak dapat dibuat oleh tubuh yang selalu harus terdapat dalam makanan, yang sangat diperlukan pada reaksi kimia di dalam makhluk hidup. Jika seseorang kekurangan vitamin tetapi belum memperlihatkan tanda – tanda penyakit yang nyata maka orang tersebut dikatakan menderita hipovitaminosis , tetapi apabila telah kelihatan tanda – tanda yang nyata disebut avitaminosis, sedangkan apabila terlalu banyak mengkosumsi vitamin yang berlebihan dan menimbulkan hal yang kurang baik bagi tubuh kita dinamakan hipervitaminosis .Vitamin dibagi menjadi dua golongan :
      1) Vitamin yang larut dalam lemak
          (a) Vitamin A
                Vitamin A adalah suatu alcohol yang larut dalam minyak, Vitamin A berasal hewan ( hati, ikan, susu dan telur ), sedangkan yang berasal dari tumbuhan tidak terdapat vitamin A, tetapi provitamin A atau karotin yang oleh tubuh diubah menjadi vitamin A.
 
                 Fungsi Vitamin A :
                  (1) Untuk pertumbuhan.
                  (2) Untuk perawatan mata.
                  (3) Proses reproduksi dan menyusui.
                  (4) Memelihara jaringan epitel yang sempurna.
           (b) Vitamin D
                 Adalah campuran dari berbagai ikatan kimia yang tergolong sterol dan memiliki daya anurachitis. Fungsi vitamin D adalah mengatur penyerapan garam kalsium dan garam fosfor. Sumber vitamin D yang terbaik adalah minyak ikan, vitamin D dapat juga dibuat oleh tubuh.
            (c) Vitamin E
                  Vitamin E termasuk ikatan kimia yang disebut tocopherol, dari hasil penyelidikan diketahui bahwa fungsi vitamin E dalam tubuh manusia sebagai Oxidant. Vitamin E dipergunakan juga pada manusia untuk mencegah kemadulan dan keguguran. Vitamin E terdapat pada minyak biji kapas, gandum , sayuran berdaun hijau dan sedikit pada telur dan daging.
            (d) Vitamin K penting dalam proses pembekuan darah, kkekurangan vitamin K akan menyebabkan prses pembekuan darah kurang sempurna bila terjadi luka. Adapun sumber vitamin K adalah, sauran berdaun hijau, kembang kol serta hati.
       
      2) Vitamin yang larut dalam air
           (a) Vitamin B
                 Vitamin B komplek adalah kumpulan dari 11 jenis vitamin yang larut dalam air, pada umumnya semua jenis vitamin  komplek terdapat bersama – sama dalam satu bahan makanan. Adapun  yang termasuk dalam kelompok vitamin B komplek adalah :
                  (1) Vitamin B 1 ( thiamine )
                  (2) Vitamin B2 ( Riboflavin )
                  (3) Niacin.
                  (4) Vitamin B6 ( Pyridoxine)
              
                 (5) Vitamin B 12 ( Cyanocobalamin )
                 (6) Asam Pantotenas.
                 (7) Asam Folat.
                 (8) Asam para aminobenzoat.
                 (9) Biotin.
                (10) Inositol.
                (11) Choline.

(b) Vitamin C
       Vitamin C penting untuk menjaga keutuhan zat perekat anatar sel, apabila kekuarangan viatamin C akan mudah sekali menderita pendarahan karena dinding kapiler yang rapuh. Penyakit akibat kekurangan vitamin C disebut scorbut dengan gejala yang paling sering dialami adalah gusi sering berdarah. Vitamin ini banyak terdapat dalam buah – buahan yang segar.
e) Mineral
    Yang termasuk dalam kategori mineral, adalah garam – garaman yang terdiri dari :
     1) Garam kapur (Ca) 
          Garam kalsium merupakan garam yang paling banyak terdapat dalam tubuh kita, kurang lebih 99 % gram kalsium terdapat dalam tulang dan gigi, sisanya terdapat dalam darah, cairan tubuh dan jaringan – jaringan lunak. Garam kalsium berguna untuk pembentukan tulang dan gigi serta proses pembekuan darah. Garam kalsium terdapat pada pada ; susu, keju, udang, telur wortel, sawi kacang – kacangan dll.
     2) Garam phosphor
          Kurang lebih 80 % garam fosfor terdapat dalam tulang, sisanya terdapat pada cairan tubuh serta jaringan lunak. Garam fosfor berguna untuk membantu metabolisme lemak dan karobo hidrat ( tenaga ). Garam fosfor terdapat pada susu, keju, kuning telur, daging, ikan dll.
     3) Garam besi
          Garam besi terdapat pada manusia dewasa kira – kira 3 – 5 gram, dari jumlah tersebut lebih dari setengahnya berada dalam peredaran Hemoglobin, sedangkan sisanya disimpan dalam hati, sumsum tulang, limpa dan ginjal. Garam besi berguna dalam pembentukan haemoglobin, kekurangan garam besi dapat mengakibatkan penyakit Anemia ( kekurangan darah ). Garam besi ini terdapat pada hati, kuning telur, kerang, sayuran hijau, kacang – kacangan.
     4) Garam Yodium
          Kadar garam Yodium yang terdapat pada tubuh orang dewasa diperkirakan mencapai 25 sampai 50 mg, dari jumlah tersebut kurang lebih 5 – 20 mg terdapat di dalam kelenjar tiroid, selain itu garam yodium terdapat pada kulit, otot, tulang, hati, darah dan jaringan yang lain. Garam yodium berguna untuk mencegah pembengkakan kelenjar gondok. Garam yodium terdapat pada ; ikan laut, udang, kerang, susu, sayuran berdaun, buah – buahan.
     5) Trace Mineral.
          Yang dimaksud dengan garam mineral trace adalah mineral – mineral yang diperlukan oleh tubuh , tetapi dalam jumlah yang sangat sedikit. Yang termasuk trace mineral adalah : tembaga, mangaan,  seng, cobalt, fluor.

E. Air Minum
             Kegunaan air sangat besar sekali bagi kepentingan tubuh manusia, hampir dua pertiga tubuh  kita terdiri dari air dalam berbagai bentuk. Sebagian cairan ini masuk kembali ke dalam darah dan sebagian kecil dibuang berujud air seni yang berisi kotoran – kotoran yang tidak berguna bagi tubuh. Setiap hari tubuh kita memerlukan air yang cukup, baik yang berasal air minum maupun air makanan, air dari buah – buahan. Akibat kekurangan air dapat menyebabkan sembelit pada perut, penderitaan lain pada pencernaan dan timbulnya “ butir batu “ yang dapat menyebabkan infeksi pada ginjal dan kandung kemih. Air minum yang kita konsumsi harus memenuhi syarat – syarat :

   1. Kwantitas
       Banyaknya air yang diogunakan masing – masing orang jumlahnya tidak sama.
   2. Syarat Kwalitas.
       Air yang kita konsumsi untuk air minum harus memenuhi syarat – syarat fisis, khemis dan syarat bakteriologis.
      a) Syarat Fisis
 Air dikatakan memenuhi syarat fisis apabila air minum itu jernih, tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau.
b) Syarat kemis
    Air dikatakan memenuhi syarat kemis apabila air minum tidak mengandung zat – zat yang membahayakan kesehatan, misalnya zat racun, dan tidak mengandung mineral serta zat – zat organic lebih tinggi dari jumlah yang telah ditentukan :
      1) Zn     tidak boleh lebih dari       0,05 mg / liter.
      2) Pb    tidak boleh lebih dari    0.05 mg / liter.
      3) Cu    tidak boleh lebih dari       0,05 mg / liter.
      4) Fe     tidak boleh lebih dari       0,10 mg / liter
            Adapun air yang kita gunakan sehari – hari bersumber pada :
            (a) Air dalam tanah
                 Yaitu air yang kita peroleh dari pengumpulan air pada lapisan tanah yang dalam. Air ini sangat bersih karena bebas dari pengotoran, tetapi sering mengandung mineral yang kadarnya tinggi.
            (b) Air Permukaan.
                 Yaitu air yang terdapat pada permukaan tanah misalnya : air sungai, air rawa atau danau yang harus diolah terlebih dahulu sebelum dipergunakan   karena umumnya telah mengalami pengotoran. Untuk dapat digunakan sebagai air minum harus dimurnikan terlebih dahulu supaya memenuhi memenuhi persyaratan kesehatan. Air permukaan ini biasanya digunakan sebagai bahan baku perusahaan air minum setelah mengalami berbgai proses pengolahan sehingga memenuhi standar kesehatan yang ada.
            (c) Air Hujan.
                 Air hujan diperoleh dengan cara menampung langsung dari crah hujan yang turun langsung dari langit. Sufat air hujan lunak dan lebih baik dari air sungai, setelah dimasak air hujan yang bersih dapat digunakan untuk air minum.


F. Daftar Kegunaan Unsur Bahan Makanan

No
Unsur
Fungsi / Kegunaan
Bahan Makanan
1


2



3


4


5



6


7



8


9


10


11



Calsium  ( Ca )


Pospor ( P )



Besi ( Fe )


Tembaga ( Cu )


Natrium ( Na )



Kalium ( K )


Chlor ( Cl )



Fluor ( F )


Belerang ( S )


Yodium ( Y )


Mineral – mineral lain seperti Mg, Mn, Zn


* Bahan pembentuk tulang dan gigi
* Proses pembentukan darah
* Kontraksi : pelemasan otot
* Pembentukan tulang dan gigi
* Proses oksidasi
* Mengatur keseimbangan asam  
   dan basa dalam darah
* Penting dalam pembentukan sel –
   sel jaringan Hb darah sebagai
   pengangkut O2
* Dalam peristiwa oksidasi
* Dalam pembuatan Hb

* Mengatur osmosis
* Keseimbangan cairan tubuh
* Pengaturan otot jantung

* Diperlukan oleh semu sel
* Mengatur keseimbangan cairan
   Tubuh
* Pembentukan HCL
* Keseimbangan elektrolit


Mencegah kerusakan gigi


Diperlukan oleh semua Sel


Pembuatan hormone thyroxin


Belum banyak diketahui
Susu, sayuran, ikan kecil.

Susu, daging, ikan, kacang, padi – padian

Hati, daging, kacang – kacangan, padi – padian, sayuran
Hati, daging, kacang – kacangan, padi – padian, sayuran
Garam dapur, bahan makanan dari laut, bahan makanan dari hewan.
Sayuran, padi – padian, kacang – kacangan
Garam dapur, bahan makanan dari laut, bahan makanan dari hewan.
Dalam semua makanan, garam dapur, air minum.
Bahan makanan yang banyak protein.
Bahan makanan yang berasal dari laut .
Tersebar dalam berbagai makanan


III. RANGKUMAN  MATERI
   1. Pola hidup sehat yaitu cara – cara bagaimana seseorang menjaga tubuhnya agar tetap
       fit dan bugar tidak terserang suatu penyakit apapun
2. Agar tubuh tetap sehat diperlukan
       a. Pola makan teratur.
       b. Olahraga teratur.
       c. Istirahat cukup.
3. Makanan yang diperlukan oleh tubuh adalah
a.   Unsur gizi pemberi tenaga.
b.    Unsur gizi untuk membangun sel – sel jaringan tubuh.
c.   Unsur gizi untuk mengatur pekerjaan jaringan – jaringan tubuh.
4. Zat gizi yang mutlak diperlukan oleh tubuh kita
a)    Hidrat arang.
b)                    Lemak.
c)                     Protein
d)                    Vitamin
e)     Mineral
f)                     Air.
5. Hidrat arang terdiri dari tiga unsure
    a. Monosakarida.
    b. Disakarida.
    c. Polisakarida
6. Protein terdiri dari
    a. Protein hewani.
    b. protein nabati.
7. Vitamin terdiri dari 2 macam
    a. Vitamin yang larut dalam lemak  Vit A, Vit D, Vit.E dan Vit.  K.
    b. Vitamin yang larut dalam air Vit. B dan Vit C.
8 Garam yang dibutuhkan oleh tubuh kita
   a. garam kapur
   b. garam phosphor.
   c. garam besi.
   d. garam yodium.
   e. trace mineral.
9. Air yang kita gunakan sehari – hari berasal dari
    a. air dalam tanah.
    b. air permukaan.
    c. air hujan.

IV. EVALUASI
A. Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c, d atau e pada jawaban yang benar !
  1. Cara menjaga agar tubuh kita selalu sehat dan bugar tanpa mengalami gejala penyakit, karena dirawat secara baik merupakan tujuan dari….
     a. kehidupan yang kekal.
     b. pola hidup.
     c. pola hidup sehat.                                        
     d. pola makan.
     e. pola diet.
2. Usaha untuk menjaga agar terhindar dari penyakit dapat dilaksanakan dengan cara….
     a. makan yang banyak.
     b. diet.
     c. makan dengan kenyang.
     d. rekreasi.                                                     
     e. banyak tidur siang.
3. Makanan memberikan panas yang berguna untuk…..
    a. memelihara suhu badan.
    b. menurunkan suhu badan.
    c. menaikan suhu badan.                                 
    d. mengurangi suhu badan.
    e. menambah suhu badan.
4. Setiap gram karbohidrat yang dibakar dalam tubuh…
    a. menyedot 4,1 kalori.
    b. menambah 4,1 kalori.
    c. mengurangi 4,1 kalori.
    d. memberikan 4,1 kalori.                                             
    e. semua jawaban salah.
5. Setiap gram lemak yang dibakar dalam tubuh …
    a. menghasilkan 4,1 kalori.
    b. menghasilkan 9,3 kalori.                               
    c. menghasilkan 3,9 kalori.
    d. menghasilkan 93 kalori.
    e. tidak menghasilkan kalori.
6. Protein yang mengandung asam – asam amino esensieel yang lengkap macam dan jumlahnya adalah…
    a. protein tidak sempurna.
    b. protein kurang sempurna.
    c. protein sempurna.                            
    d. protein semi sempurna.
    e. protein hampir sempurna.                 
7. Jika seorang kekurangan vitamin, tetapi belum memperlihatkan tanda – tanda penyakit yang nayata maka orang tersebut dikatakan menderita…
     a. Avitaminosis.
     b. provitamin.
     c. hipervitaminosis.
     d. hipovitaminosis.
     e. vitaminosis.
8. Vitamin yangdiperlukan oleh untuk proses pembekuan darah yaitu ….
     a. vitamin A
     b. Vitamin D
     c. Vitamin K                           
     d. vitamin E
     e. vitamin B komplek.
9. Vitamin yang larut dalam lemak adalah…
     a. Vitamin A.
     b. Vitamin E.
     c. Vitamin K.
     d. Vitamin D.
     e. semua jawaban benar .                               
10. Bahan makanan di bawah in sebagai sumber karbohidrat adalah….
      a. beras, daging, susu, jagung.
      b. tepung beras, udang, ikan, tepung terigu.
      c. ubi, telur, kecap, kentang.
      d. beras, jagung, kentang, singkong.              
      e. semua jawaban benar.
11. Protein yang mengandung asam – asam amino esensieel yang lengkap macam dan jumlahnya adalah…
    a. protein tidak sempurna.
    b. protein kurang sempurna.
    c. protein sempurna.                         
    d. protein semi sempurna.
    e. protein hampir sempurna.              
     12. Sedangkan kekurangan vitamin D akan menyebabkan penyakit…..
           a. katarak.
           b. beri – beri.
           c. kulit.
           d. gusi berdarah.
           e. folio.                                  
     13. Protein yang berasal dari tumbuh – tumbuhan dinamakan….
           a. protein hewani.
           b. protein nabati.                                
           c. protein esensial.
          d. protein sempurna. 
     e. protein semi sempurn
14. Garam yang tidak dibutuhkan oleh  tubuh kita adalah…..
      a. garam kapur.
      b. garam inggris.
      c. garam besi.
      d. garam phosphor.
      e. garam yodium.
15. Penyakit yang diakibatkan karena kekurangan garam yodium adalah…
      a. katarak.
      b. folio.
      c. hongerodim.
      d. gondok.
      e. kulit
  16. Disebut memenuhi syarat – syarat bakteriologis bila air…
         a. tidak berwarna dan tidak berasa.
         b. tidak mengandung zat berbahaya bagi kesehatan.
         c. tidak mengandung racun.                                                   
         d. tidak mengandung kuman – kuman penyakit.                                   
        e. tidak mengndung kadar mineral melebihi yang ditentukan
17. Akibat kekurangan vitamin E akan menyebabakan….
      a. kebutaan.
      b. kegemukan.
      c. kemadulan.
      d. kecapekkan.
      e. lemah dan lesu.
18. Penyakit katarak adalah penyakit yang disebabkan akaibat kekurangan …..
      a. Vitamin A
      b. Vitamin B
      c. Vitamin C
      d. Vitamin D
      e. Vitamin E
19. Bahan makanan di bawah ini  sebagai sumber karbohidrat adalah….
      a. beras, daging, susu, jagung.
      b. tepung beras, udang, ikan, tepung terigu.
      c. ubi, telur, kecap, kentang.
      d. beras, jagung, kentang, singkong.              
      e. semua jawaban benar.
  20.  Air dapat dikatakan bersih apabila memenuhi persyaratan….
         a. fisik
         b. kimiawi.
         c. bakteriolagi.
         d. fisik dan kimiawi.
         e. fisik, kimiawi dan bakteriologi.


B. Jawablah pertanyaan – pertanyaan di bawah ini dengan benar !
     1. Apa yang dimaksud dengan pola hidup sehat ?
         Jawab :

     2. Sebutkan unsure – unsure zat gizi sebagai pemberi tenaga ?
         Jawab :

     3. Sebutkan dua macam protein dan beri contoh sumber makanannya ?
         Jawab :

     4. Sebutkan vitamin yang larut dalam lemak ?
         Jawab :

     5. Sebutkan dua unsure yang harus dipenuhi untuk penggunaan air bagi tubuh kita ?
         Jawab:




5 komentar: